Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Diminta Cari Solusi Dongkrak Harga Karet

  • Oleh Naco
  • 18 Agustus 2017 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta membantu mencari solusi untuk mengatasi anjloknya harga karet di pasaran saat ini.

Permintaan itu disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kotim Rudianur saat ditemui wartawan, Jumat (18/8/2017).

Menurut dia, harga karet saat ini hanya sekitar Rp6.000 per kilogram. Padahal idealnya, harga 1 kilogram karet di atas Rp10 ribu.

Untuk itu, ia meminta Pemkab Kotim membantu memecahkan kesulitan para petani karet dengan melakukan berbagai upaya stabilisasi harga.

"Secara kualitas karet yang dihasilkan petani Kotim tidak kalah dengan yang dihasilkan negara-negara lain," kata politisi Partai Golkar ini.

Akan tetapi, harganya semakin merosot dan anjlok. Karena itu, butuh terobosan dari pemerintah daerah maupun pusat guna memperjuangkan harga karet, Jika tidak masyarakat akan dikorbankan.

Anjloknya harga karet, menurut Rudianur, sudah berlangsung lama. Untuk itu, perlu adanya solusi agar tidak semakin membuat resah kalangan petani karet.

Menurut dia, peran pemkab sangat penting dalam membantu para petani. Sebaliknya, jika dibiarkan berlarut-larut, masyarakat petani akan terus menjerit. Apalagi saat ini harga kebutuhan pokok terus meningkat, sedangkan penghasilan masyarakat menurun. (NACO/B-3)

Berita Terbaru