Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panjat Pinang Ibu-Ibu Bikin Ngakak

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Agustus 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lomba pajat pinang yang sering menjadi pernak-pernik dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sering dilakukan oleh masayarakat.

Biasanya lomba seperti ini sangat ditunggu-tunggu dan menjadi salah satu lomba yang disukaikaum pria.

Namun lomba panjat pinang yang diadakan Dirpolairud Polda Kalteng kali ini berbeda. Dimana mereka mengadakan lomba panjat pinang untuk kaum wanita, sehingga menjadi daya tarik tersediri bagi para warga.

"Kami sengaja mengadakan lomba panjat pinang untuk kaum wanita untuk memeriahkan hari kemerdekaan," ujar Dir Pol Air Polda Kalteng Kombes Badarudin, Sabtu (19/8/2017).

Namun untuk panjat pinang yang diperuntukkan untuk wanita ini tingginya sangat berbeda jauh dengan pria. Yang mana hanya sekitar empat meter dan satu grupnya hanya tiga orang.

Yang menarik, walau hanya setinggi empat meter, namun para peserta kesulitan untuk meraih hadiah yang ada di atas. Karena batang pinang ini sangat licin akibat dilumuri oli.

Hadiah yang diperebutkan cukup banyak, bahkan ada sepeda di atas pohon pinang.

Untuk peserta tidak hanya ibu-ibu dari kalangan istri Polri dan TNI saja, namun juga ada warga sekitar yang tinggal di pesisir Sungai Mentaya.

"Kami mengundang masyarakat yang tinggal di pesisir untuk mengikuti lomba, karena tidak hanya panjat pinang saja, namun banyak lagi lomba lainnya," terangnya.

Dalam lomba ini juga ada lomba bakiak, balap karung, membawa kelereng dengan sendok, tarik tambang, serta oengundian door prize lainnya.

Semuanya lomba diundi yang mana semua masyarakat yang datang juga kebagian kupon.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat juga merasakan semarak hari kemerdekaan dan ini juga sebagai tali silaturahmi kepada warga sekitar," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru