Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Gapensi Diminta Tidak Bergantung pada Proyek Pemerintah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Agustus 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Pengurus Daerah Gabungan Pengusaha Jasa Konstruksi Indonesia (BPD GAPENSI) Provinsi Kalimantan Tengah, MH Rizal meminta agar anggota Gapensi dapat piawai memainkan perannya, terlebih tidak hanya berharap dengan pembangunan proyek dari program pemerintah yang masih sangat terbatas.

"Proyek pembangunan program pemerintah sangat minim, sebab itu setiap anggota gapensi harus piawai memainkan perannya," kata Rizal.

Namun demikian kata dia, sinergi dengan pemerintah daerah merupakan keharusan yang tetap dijalankan oleh Gapensi, sehingga sasaran pembangunan dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama.

"Kita sudah membicarakan kondisi ini, bahwa anggota Gapensi lebih banyak daripada jumlah proyek yang didapat. Tetapi nanti bagaimana setiap anggota dapat piawai dengan kemampuannya yang tidak hanya terfokus dengan program pemerintah yang ada di daerah organisasinya," cetus Rizal.

Adapun dalam Muscab Gapensi Kota Palangka Raya itu, sejumlah nama muncul unuk memperebutkan jabatan ketua organisasi jasa kontruksi tersebut, seperti Hartani, Hermansyah, dan lainnya. Sementara itu Ketua BPD Gapensi Kota Palangka Raya, Arifin Udi yang sudah menjabat dua kali tidak bisa lagi ikut dalam pencalonan karena sesuai aturan hanya boleh memimpin dua periode.

"Saya berharap pemilihan dapat dilakukan secara aklamasi saja," kata Arifin Udi usai acara pembukaan muscab tersebut.

Ia mengatakan, saat ini banyak tantangan yang dihadapi oleh rekanan lokal, setelah adanya ketentuan pelelangan menggunakan sistem online.

"Proyek lebih banyak dikuasai oleh rekanan dari luar Kalteng, dan pengusaha Kalteng menjadi kalah bersaing sehingga banyak rekanan yang tumbang. Masalah ini juga yang harus dipecahkan oleh pengurus Gapensi yang baru agar pengusaha lokal tetap memiliki tempat secara eksis didaerahnya sendiri tidak dirambah oleh pengusaha non lokal," pungkasnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Palangka Raya Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Gunawan Abel mewakili Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru