Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Genting Plantations Ekspansi ke Kalimantan Selatan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 21 Agustus 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan perkebunan sawit asal Malaysia, Genting Plantations Bhd., meningkatkan ekspansi lini bisnis hilir mereka di Indonesia dengan membeli 85% saham di perusahaan sawit di Kalimantan Selatan.

Adapun perusahaan yang diakuisisi Genting Plantations adalah PT Kharisma Inti Usaha (PT KIU) senilai US$94,97 juta atau setara Rp1,26 triliun.

Dalam dokumen yang dikirimkan ke Bursa Malaysia, anak perusahaan Genting Bhd itu mengatakan bahwa unit bisnisnya, AsianIndo Holdings Pte Ltd, telah meneken perjanjian dengan Lee Rubber Co (Pte) Ltd, Singapura, untuk membeli 100% saham di Knowledge One Investment Pte Ltd (KOI), yang juga memiliki 85% saham PT Kharisma Inti Usaha (PT KIU).

PT KIU memiliki hak pengelolaan atas sekitar 14.661 hektare lahan di Kabupaten Tapin menjadi perkebunan kelapa sawit.

Genting Plantations, seperti dilansir The Star, mengatakan proses akuisisi yang diperkirakan tuntas pada kuartal keempat 2017 tersebut merupakan representasi dari rencana ekspansi kelompok usaha asal negeri jiran itu di Tanah Air.

Disebutkan juga bahwa lahan milik PT KIU kebetulan berdekatan dengan sejumlah lahan kosong (landbank) milik Genting Plantations yang berada di Kalimantan Tengah, sehingga secara ekonomis akan lebih menguntungkan karena dapat mensinergikan operasional.

Kesepakatan tersebut akan meningkatkan luasan lahan kosong milik Genting Plantations di Malaysia dan Indonesia dari saat ini seluas 227.936 ha menjadi 242.597 ha.

'Kesepakatan ini juga dapat mempercepat ekspansi sektor hilir Genting Plantations Group di Indonesia karena sekitar 12.893 ha (di bawah pengelolaan Cahaya Agro Abadi Pte Ltd) telah ditanami, sehingga menambah area tanam total milik Genting Plantations Group di Indonesia menjadi 84.833 ha (dari 71.940 ha per 31 Desember 2016), atau naik 17,9%. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru