Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 Atlet Catur Kotim Dikalahkan Remaja 18 Tahun dalam Catur Simultan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Agustus 2017 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sungguh luar biasa yang ditunjukkan remaja putra bernama Yoseph Thiolifus Taher (18). Dia berhasil mengalahkan 11 orang atlet catur Kotawaringin Timur (Kotim) dalam sekali main.

Hal itu dilakukannya pada saat melakukan catur simultan dengan 15 orang atlet asal Kotim. Dari total itu, satu satu lawannya orang berhasil menang, tiga di antaranya remis, dan sisanya mengalami kekalahan.

Namun kekalahan yang dialami 11 atlet tersebut cukup dimaklumi. Apalagi, Yoseph merupakan atlet nasional yang bergelar Master Fide (MF). Sehingga apa yang dilakukannya tersebut hanya untuk memberikan ilmu kepada atlet di Kotim.

'Saya hanya ingin membagi pengalaman saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi pecatur Kotim,' ujar Yoseph, yang lahir di Kota Sampit, Kotim.

Yoseph merupakan salah satu pecatur muda Indonesia yang sudah beberapa kali mengharumkan nama negara ini, ketika mengikuti turnamen catur tingkat internasional. Dia meraih gelar Master Fide pada tahun 2016 dan saat ini terus berupaya untuh meraih gelar Master Internasional.

Sementara, dalam catur simultan tersebut, Yoseph yang memegang bidak putih harus berkeliling dan meladeni satu persatu para pecatur Kotim yang duduk di depan meja catur. 

'Memang kemampuannya luar biasa. Meskipun masih muda, namun dia mampu melawan pecatur senior dan junior Kotim dalam catur simultan ini,' kata seorang peserta catur simultan, Hery.

Dengan pengalaman Yoseph yang sudah sering bertanding di luar negeri mewakili Indonesia, sangat bermanfaat untuk memberikan semangat dan ilmu bagi para pecatur Kotim.

'Sebetulnya banyak yang berminat ingin ikut catur simultan ini, namun memang agak mendadak, sehingga banyak yang tidak bisa hadir,' kata Hery. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru