Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Melek Huruf Jadi Alternatif Pelajar di Pinggiran Sungai untuk Salurkan Minat Baca

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Agustus 2017 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keterbatasan akses para pelajar di sejumlah desa di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mentaya ke Perpustakaan Daerah yang ada di Kota Sampit, membuat kehadiran perpustakaan terapung atau kapal melek huruf milik Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalteng jadi pilihan. Setiap kapal perpustakaan terapung merapat, langsung diserbu pelajar.

"Kapal melek huruf ini memang kami siapkan untuk anak pesisir maupun pinggiran sungai. Alhamdulillah selalu ditunggu oleh anak-anak," ujar Dirpolairud Polda Kalteng Kombespol Badarudin.

Menurutnya, perpustakaan terapung bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan Polri terhadap masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di alur sungai dan masyarakat pesisir pantai yang kurang diperhatikan. "Kapal Melek Huruf ini juga berperan untuk menjaga budaya lokal dan nasional dengan menyimpan pengetahuan populer dan akademis untuk generasi sekarang dan masa depan," ujar Badarudin.

Kapal perpustakaan atau Kapal Melek Huruf adalah kapal milik Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalteng, yang dipergunakan untuk meningkatkan dan menciptakan lingkungan masyarakat yang cerdas, berwawasan, berpengetahuan yang tinggi serta taat dan sadar akan hukum yang berlaku.

Kegiatan perpustakaan terapung tersebut di antaranya memberikan bantuan guru bantu. Kapal perpustakaan keliling siap menyambangi seluruh masyarakat di daerah aliran sungai dan pesisir pantai yang berada di seluruh Kalimantan Tengah. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru