Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow, Polisi Kembangkan Motor Modifikasi untuk Padamkan Api

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Agustus 2017 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polri mengembangkan inovasi sederhana dengan memanfaatkan alat pemutar magnet sepeda motor. Di samping kiri mesin dipasangi alat untuk menyedot dan menyemprotkan air guna memadamkan api.

Wakapolres Kotawaringin Barat (Kobar) Kompol Dhovan Oktavianto menjelaskan mengenai inovasi tersebut. "Sesuai ide dari Kapolda Kalteng untuk mengatasi Karhutla, saat ini tim dari Polres Kobar sedang berada di Polda Kalteng untuk mempelajari telnik modifikasi motor sebagai pemadam api," jelasnya.

Menurut Wakapolres, saat ini di Kobar sudah terdapat dua unit motor modifikasi yang ditempatkan di Polsek Kumai dan Polsek Arut Selatan. "Karena dua Polsek tersebut berdasarkan data beberapa tahun lalu berpotensi rawan karhutla," jelas Wakapolsek.

Menurutnya, untuk memodifikasi motor menjadi alat pemadam api tidak memerlukan biaya yang besar. Alat ini bisa diaplikasikan oleh kelompok masyarakat atau perusahaan.

"Polres Kobar siap menjadi mentor jika ada yang berminat untuk membuat alat pemadam api ini guna mencegah karhutla. Karena pencegahan karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru