Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Prediksi Tahun Ini di Katingan tak Ada Kemarau

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 September 2017 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan memprediksi bahwa tahun 2017 ini di daerahnya tidak ada musim kemarau.

Hingga peretengahan bulan September 2017 ini malah yang terjadi justeru curah hujan yang tinggi.

Meskipun saat tidak lagi hujan cuaca cukup terik, dan terasa menyengat di siang hari. "Prediksi kita tahun ini tidak ada musim kemarau, sebab sampai pertengahan September ini hujan masih terus berlangsung," tutur Kepala BPBD Katingan, Icing kepada borneonews.co.id Minggu (17/9/2017).

Menurut Icing, biasanya pada kemaru mulai terjadi pada bulan Agustus hingga Oktober. Namun sepanjang Agustus kemarin dan sampai pertengahan September ini curah hujan semakin meningkat, dan tidak ada tanda-tanda kemarau.

"Sebentar lagi kan sudah masuk bulan Oktober, dan biasanya memasuki musim penghujan. Jadi prediksi kami hujan akan terus berlangsung sampai Desember," ujarnya.

Sejauh ini, kata Icing selama musim kemarau namun tidak ada hujan dinilai adalah perubahan cuaca di daerahnya.

"Tahun lalu juga terjadi kemarau basah, dan tahun ini sama malah intensitas hujannya lebih sering dibanding tahun lalu."

Dengan ada perubahan cuaca ini Icing mengaku jika di daerahnya tahun ini aman dari bencana asap yang disebabkan pembakaran hutan dan lahan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru