Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Kahayan Meluap, Sejumlah Wilayah di Gumas Terendam Air

  • 19 September 2017 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Saat ini Sungai Kahayan meluap cukup deras. Hal tersebut menyebabkan sejumlah pemukiman masyarakat di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terendam air. Dengan kenyataan itu, aktivitas masyarakat pun terganggu lantaran halaman terendam air.

Wilayah kecamatan yang terendam air seperti Kecamatan Tewah dan wilayah Kecamatan Kurun. Di samping itu, beberapa titik di ruas Tewah-Tumbang Miri juga terendam.

"Kali ini luapan Sungai Kahayan cukup deras. Sungai Kahayan meluap mulai kemarin," ujar Wardi, 47, salah seorang warga yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan kepada Borneonews, Selasa (19/9/2017).

Warga lainnya, Sintia menuturkan, luapan Sungai Kahayan kali ini cukup deras dari biasanya. Hal itu terjadi karena hujan cukup deras di bagian hulu. Terkait hal itu, dirinya berharap air Sungai Kahayan segera surut.

Pasalnya, saat halaman rumah warga terendam air, aktivitas menjadi terganggu. "Semoga saja air Sungai Kahayan cepat surut," ucap dia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas M Rusdi mengingatkan kepada masyarakat supaya waspada dengan keadaan Sungai Kahayan. Sudah ada desa dan kelurahan terandam air. "Petugas kami terus siaga dan memonitor keadaan banjir. Kepada masyarakat harus waspada," pesan Rusdi. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru