Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kapuas Gelar Sosialisasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

  • 20 September 2017 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan Sosialisasi Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) di Aula Bappeda Kapuas, Rabu (20/9/2017). Kegiatan itu dibuka Sekda Kapuas Rianova dalam kapasitas mewakili Bupati Ben Brahim S Bahat.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Rianova, Bupati Ben Brahim mengatakan pemerintah telah merencanakan program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai yang keberhasilannya antara lain sangat ditentukan oleh kinerja dari pemerintah pusat.

'Untuk mendukung program ini, salah satu yang sangat penting adalah upaya pengendalian alih fungsi lahan pertanian melalui perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan,' jelas Ben dalam sambutannya.

Ia melanjutkan dalam sistem perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan terdapat beberapa aspek yang harus dilaksanakan yakni merencanakan, menetapkan, pengembangan, pemanfaatan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Oleh karen itu diperlukan kebersamaan dan kerja bersama oleh seluruh pihak terkait.

"Untuk itu seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah pusat sampai daerah baik pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah maupun Kabupaten Kapuas, agar bekerja bersama dan masing-masing berperan secara nyata dalam mewujudkan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan dengan berpedoman kepada undang-undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan beserta peraturan pelaksanaannya dan peraturan menteri pertanian yang memuat pedoman teknis kriteria dan persyaratan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan," terang dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru