Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masalah Kemiskinan masih Menjadi Tantangan Besar

  • Oleh James Donny
  • 26 September 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Masalah kemiskinan masih menjadi tantangan besar yang dihadapi hingga saat ini. Demikian dikatakan Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang saat memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2017 di Aula Bappedalitbang, Selasa (26/9/2017). "Sampai saat ini permasalahan kemiskinan masih menjadi tantangan besar di Indonesia, " kata Taty.

Ia memaparkan, tahun 2016 angka kemiskinan di Indonesia sebesar 10,7% sementara di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 5,36%, sedangkan di Kabupaten Pulang Pisau sebesar 5,49%. "Terkait dengan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pulang Pisau kita harus merumuskan target pencapaian berdasarkan mekanisme perencanan pembangunan yang ada," ujar Wabup.

Saat ini, kata dia, sudah banyak program nasional dan daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan, antara lain adanya kebijakan subsidi pemerintah yang dinilai dapat meringankan kebutuhan masyarakat.

Sajumlah program melalui program perlindungan sosial sedang diupayakan oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, di antaranya program Beras Sejahtera (Rastra), Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Jamkesmas atau Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kemudian, Jamkesda yang dialokasikan di Kabupaten Pulang Pisau, Program Keluarga Harapan (PKH), serta program pemberdayaan masyarakat miskin yang ditujukan untuk menekan angka kemiskinan.

Meski tidak dihadiri oleh semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Wabup berharap Rakor Penanggulangan Kemiskinan tersebut dapat memberikan pemikiran dan solusi terbaik dalam percepatan Penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pulang Pisau. (JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru