Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSCH Gelar Seminar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 September 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rumah Sakit Citra Husada (RSCH) Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar seminar Pencegahan, Pengendalian Infeksi (PPI), Rabu (27/9/2017). Seminar yang bertempat di VIP Terrace Resto Grand Kecubung Hotel Pangkalan Bun bertujuan untuk merefresh ulang pengetahuan tenaga medis dalam penanganan pasien.

Kasubag Pelayanan Medik RSCH dr Duita Eka Sari menjelaskan, seminar tersebut merupakan wujud kerjasama RSCH dengan Ramsay Sima Darby Health Care Indonesia. "Sedangkan yang bertindak sebagai pemateri dalam seminar ini adalah Ibu Lili Agustina S.Kep dari RS Premier Bintaro Jakarta," jelas Duita.

Ada sekitar 30 orang peserta yang berpartisipasi dalam seminar ini. Peserta merupakan petugas kesehatan, bidan, asisten perawat serta petugas kesehatan lingkungan dan gizi. "Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kompetensi paramedis guna menambah pengetahuan pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit," jelasnya.

Menurutnya, petugas medis harus mengetahui cara pencegahan infeksi, penularan penyakit dari pasien yang masuk pada pasien lain serta tenaga medis yang bertugas. "Caranya bermacam-macam. Penjelasan paling mudah, saat menangani pasien, petugas medis menggunakan alat pelindung diri seperti handspoon dan masker saat berinteraksi dalam penanganan pasien," jelasnya.

Selain itu, membiasakan cuci tangan yang baik dan benar setelah menangani pasien juga merupakan salah satu cara pelaksanaan PPI. "Bukan hanya itu saja. Keluarga pasien yang menjenguk juga sebaiknya cuci tangan saat masuk dan keluar dari lingkungan rumah sakit," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru