Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Beberapa Faktor Pemicu Kanker Serviks

  • Oleh Oktrika Nugraheni
  • 30 September 2017 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kanker serviks merupakan kanker yang muncul pada leher rahim perempuan. Di Indonesia, ada 15.000 perempuan per tahun menderita kanker serviks dan 8.000 di antaranya berakhir dengan kematian.

"Ada beberapa faktor yang bisa memicu munculnya kanker serviks, di antaranya pernikahan di usia muda dan hubungan seks di usia muda," papar dr. Ulianto, Sp.OG,MH saat menjadi pemateri dalam Seminar Kesehatan Reproduksi yang digelar oleh Wive Forum CBI Grup di Aula Bappeda Kotawaringin Barat, Sabtu (30/9/2017).

Menurut dr Uli, di luar negeri sangat jarang ditemukan kanker serviks, karena perempuan di sana lebih peduli dengan kesehatan mulut rahim. Ada beragam upaya dilakukan untuk mencegah kanker serviks. "Mulai dari menghindari pemicunya, menjaga kesehatan rahim dan deteksi dini," terangnya.

Berbeda dengan perempuan di Indonesia yang belum begitu memberikan perhatian terhadap kesehatan reproduksi. "Untuk itu, perlu dilakukam pemeriksaan dini secara rutin. Yang termudah ada IVA, papsmear, dan biopsi," jelas dr Uli pada seminar yang dibuka oleh Dini Budi Setiawan.

Selain dr Ulianto, Kepala Puskesmas Arsel dr Rita W juga akan menjadi narasumber pada seminar yang juga disonsori oleh HDI, PT Kalbe, Wardah Cosmetic, dan Avail. (OKTRIKA NUGRAHENI/B-2)

Berita Terbaru