Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

16 Desa di Kecamatan Gunung Timang Jadi Pilot Project Program JKN

  • Oleh Ramadani
  • 12 Oktober 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak hanya berlaku bagi masyarakat perkotaan, tetapi juga perdesaan. Bahkan 16 desa di Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, menjadi pilot project program JKN.

Program itu diluncurkan Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sri Hidayati  di Desa Kandui, Kamis (12/10/2017).

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan bahwa jaminan kesehatan bagi masyarakat saat ini sudah mencapai daerah pelosok, salah satunya Desa Kandui.

'Diharapkan dengan adanya program JKN dapat memenuhi jaminan kesehatan seluruh masyarakat tanpa dibedakan oleh status sosial maupun identitas. Sehingga Kabupaten Barito Utara akan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang sama dengan kabupaten lainnya dalam mewujudkan program Indonesia Sehat,' kata dia.

Menurut Bupati yang akrab disapa H Koyem itu, jaminan kesehatan merupakan program dari pemerintah daerah yang sudah berjalan selama beberapa tahun. Karenanya, diharapkan seluruh warga memperoleh jaminan kesehatan yang dijamin oleh pemerintah kabupaten.

'Harapan ini juga tidak lepas dari adanya komitmen dan dukungan para pemangku kepentingan maupun segenap lapisan masyarakat di daerah ini,' ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Dewi Kurnia Wijayanti, mengatakan desa menjadi salah satu inovasi dan bentuk kerja sama BPJS dengan pemerintah daerah.

'Saat ini BPJS Kesehatan sedang menyisir segmen pemerintahan terkecil. Salah satunya dimulai dari Desa Kandui yang direncanakan masyarakatnya 100% masuk dalam JKN. Sebanyak 80% warga Desa Kandui sudah mendapat jaminan kesehatan. Harapan kita ke depan dengan pelaksanaan ini, seluruhnya warga mendapatkan jaminan kesehatan,' katanya.

Dijelaskannya, dari sekitar 150 ribu warga Kabupaten Barito Utara, 114.800 atau 75% di antaranya sudah menjadi peserta JKN. 'Setiap hari, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional makin meningkat. Kita berharap semuanya menjadi peserta,' pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru