Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sepekan Ini RSUD Murjani Sampit Rawat 20 Pasien DBD

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 November 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini mulai banyak menyerang warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Bahkan dalam sepekan terakhir, sedikitnya ada 20 pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Murjani Sampit.

"Dalam sepekan terakhir mencapai 20 orang yang terkena DBD, dan rata-rata masih anak-anak," ujar Dokter Spesialis Anak RSUD Dr Murjani Sampit, Fransiska, Sabtu (4/11/2017).

Pasien yang datang rata-rata sudah masuk dalam tahap cukup parah. Namun ada juga yang gejala DBD. Sehingga ada juga yang langsung dirujuk ke Intensive Care Unit (ICU).

"Memang ada yang sudah cukup parah, sehingga langsung kami rawat di ICU," lanjut Fransiska.

Sementara, untuk pasien DBD ini terbilang cukup tinggi. Selain sepekan sudah mencapai 20 orang, di mana sejak awal November ini saja ada 10 pasien yang masuk rumah sakit akibat terserang penyakit tersebut. Pasien tidak hanya berasal dari Sampit, namun juga kecamatan lain dan perusahaan sawit yang ada di daerah ini.

Faktor yang menyebabkan DBD karena perubahan cuaca saat ini, dari musim kemarau ke musim penghujan. Dan ini sudah sering terjadi hampir setiap tahun.

Selain itu, selokan atau sekitar rumah yang kurang bersih juga menjadi tempat untuk berkembang biakanya nyamuk. Sehingga sangat rawan waega terserang DBD tersebut.

Sehingga dengan adanya hal itu, maka warga diharapkan agar selalu memperhatikan lingkungannya. Jangan sampai tidak bersih dan juga banyak genangan air. Karena hal itu bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru