Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudaparpora Baritu Utara akan Perbaiki Sarana Objek Wisata

  • Oleh Ramadani
  • 06 November 2017 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Dengan akan diterapakannya penarikan retribusi masuk untuk tiga objek wisata di Kabupaten Barito Utara pada 2018, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudparpora) akan memperbaiki dan menambah sarana penunjang objek wisata.

Objek wisata yang akan menjadi sasaran penarikan retribusi yakni air terjun Jantur Doyan Km 18 Muara Teweh'Puruk Cahu, Bumi Perkemahan Panglima Batur, Dam Desa Trinsing.

'Kita mengakui kondisi keuangan pemerintah daerah sedang dalam masa sulit, tapi bagaimanapun agar para wisatawan tertarik, maka sarana penunjuang pariwisata akan kita lengkapi' ujar Kepada Disbudparpora Barito Utara, H Arbaidi, Senin (6/11/2017).

Dikatakan, nantinya pengelolaan objek wisata akan diserahkan kepada pihak ketiga, karena bila dikelola oleh pemerintah maka terlalu banyak anggaran yang dikeluarkan.

'Bila dikelola oleh pihak ketiga, maka pemerintah hanya dapat menarik retribusinya saja' jelasanya.

Dia mengatakan meski penarikan retribusi dari pihak ketiga nantinya kecil, tapi dapat memberikan pemasukan kepada pemerintah daerah.

Saat ini sudah ada proposal dari pihak ketiga yang diakukan ke Disbudaparpora. 'Paling banyak minat dari pihak ketiga yakni air terjun Jantur Doyan,' jelasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru