Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kobar Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 November 2017 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai persiapan menjelang masa penilaian Adipura, DiNas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai saat ini mulai gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat.

Sosialisasi yang dilakukan menggunakan berbagai cara seperti pengumuman berkeliling melalui mobil Humas Pemkab Kobar dan media massa ini bertujuan agar masyarakat melakukan gerakan bersama mengelola sampah agar dapat di buang pada tempatnya dan atau dikelola tingkat RT.

"Karena permasalahan sampah yang ada di setiap jalan atau gang yang berada dipemukiman, paling tidak ada tanggung jawab RT untuk mengelolanya. Bila sampah tersebut dikelola dengan baik , tentunya bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi. Selain itu pelibatan pihak RT dalam pengelolaan sampah dilingkungannya masing-masing, juga sebagai penggerak warga dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan," kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) DLH Kobar M. Robiannor saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (8/11/2017).

Pasalnya, lanjut Robi, saat ini disetiap pemukiman masyarakat masih belum ada tempat sampah yang dibuat secara mandiri. "Karena masih banyak anggapan bahwa hal yersebut merupakan tanggung jawab petugas kebersihan itu tugas tenaga kebersihan. Itulah yang menyebabkan saat ini masih sering dilihat adanya tumpukan sampah di pemukiman,'jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-8)

Berita Terbaru