Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Tahun Mendapat Pelatihan, Sepuluh Penyandang Disabilitas Kembali ke Kapuas

  • 08 November 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sepuluh penyandang disabilitas yang dikirim Dinas Sosial Kapuas untuk mendapat pelatihan ketrampilan di luar Kalimatan Tengah kembali ke Kabupaten Kapuas.

"Untuk tahun 2016 kemarin, kita mengirim 10 orang baik itu cacat fisik, tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan keterbelakangan mental untuk pelatihan selama dua tahun dan 2017 ini kembali ke Kapuas," kata Kasi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Hamsani di ruang kerjanya, Rabu (8/11/2017).

Hamsani menjelaskan, pihaknya mengirim 10 penyandang disabilitas ini ke tempat yang berbeda, baik itu ke Solo, Makasar, Bogor dan Jakarta Timur. "Kalau ke Solo dan Makasar itu khusus untuk cacat fisik, sedangkan tuna rungu ke Jakarta Timur Bambu Apus, tuna netra ke Bekasi dan keterbelakangan mental ke Bogor," imbuhnya.

Dia melanjutkan, setelah mendapat pelatihan selama dua tahun, pihaknya tidak bisa membina akibat kekurangan anggaran untuk memberikan modal.

"Hanya sangat disayangkan, setelah kembalinya mereka dari pelatihan ketrampilan harus diberikan modal untuk usaha, tetapi keterbatasan anggaran akhirnya kita tidak bisa membina," terangnya.

Saat ini, diklat di daerah belum ada karena memerlukan biaya besar. Sedangkan di luar daerah hanya menanggung biaya antar jemput. "Kalau biaya selanjutnya oleh pusat. Penyandang cacat fisik dapat pelatihan perbengkelan dan service elektronik, kalau tuna wicara pelatihan tata rias dan tata boga, sedangkan tunga rungu pelatihan pijat. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru