Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishut Kalteng Fasilitasi Pembuatan Hutan Desa di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 November 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan koordinasi dan fasilitasi pembuatan hutan desa di Kabupaten Lamandau, Kamis (9/11/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Putri Tunggal, kota Nanga Bulik ini dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat dan Hutan Adat Dishut Provinsi Kalteng, Ikhtisan, serta diikuti oleh puluhan warga dan perangkat desa dari Desa Bayat, Nanga Belantikan, Tangga Batu dan Sungai Buluh.

"Kegiatan ini untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat desa supaya mereka lebih memahami bentuk pengelolaan hutan desa hingga dasar hukum pembuatan hutan desa," ungkap Ikhtisan seusai membuka kegiatan.

Dia menyebut banyak manfaat yang bisa diperoleh ketidaksenangan adanya hutan desa. Salah satunya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar hutan desa.

"Selain itu meningkatkan perekonomian, dengan adanya hutan desa, maka masyarakat juga bisa merasakan bagaimana cara mengelola hutan. Dengan demikian, kelestarian hutan akan tetap terjaga," terangnya.

Kemudian masyarakat juga bisa memanfaatkan kayu yang berasal dari hutan desa, sepanjang mengikuti aturan dan proses yang berlaku.

"Tidak ada batasan luas yang disyaratkan berapa. Selama hutan desa itu masih dalam satu kawasan desa, boleh-boleh saja," ujarnya.

Menurut Ikhtisan, program pembuatan hutan desa ini merupakan program pemerintah yakni program kehutanan sosial, sehingga diharapkan masyarakat sekitar hutan desa juga berperan aktif melakukan pengawasan. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru