Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenalkan Food Estate, Gubernur Perlu Suntikan Rp15,62 Triliun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 November 2017 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran kembali mengenalkan konsep proyek unggulan berupa 'food estate' yang akan digarap pada 2018.

Hal ini diungkapkan Sugianto saat pidato selamat datang kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di kantor gubernur, Senin (13/11/2017).

Sugianto menandaskan urusan lahan sudah selesai dipetakan sesuai arahan Menteri Amran saat kunjungannya beberapa waktu lalu yang meminta Kalteng bergerak cepat dalam bidang produksi pangan.

Namun untuk keperluan itu perlu kesiapan dana sekitar Rp15,62 triliun, khusus untuk food estate dan tidak termasuk prasarana pengembangan lainnya.

Di antara yang difokuskan dalam program ini adalah pertanian padi organik, tebu, dan singkong.

"Food estate ini adalah pengembangan produksi pangan yang dilakukan secara terpadu bidang pertanian perkebunan hingga peternakan, dengan lahan cukup luas di Kalteng. Dana atau investasi yang diperlukan adalah Rp15,62 triliun," paparnya.

Lahan yang disiapkan untuk padi organik adalah seluas 300 ribu ha. Terbagi di kawasan Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kabupaten Kapuas.

Kemudian pengembangan tebu seluas 273,2 ribu ha di Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara, serta pengembangan singkong 40 ribu ha di Kabupaten Seruyan. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru