Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mentan Gelontorkan Rp 200 Miliar untuk Padi Organik Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 November 2017 - 23:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman menggelontorkan dana Rp200 miliar untuk Kalimantan Tengah (Kalteng). Dana itu khusus untuk menyukseskan pertanian padi organik seluas 300 ribu hektare (ha) di 2018.

'Kami sudah siapkan untuk itu, kami berikan benih dan pupuk, total senilai Rp 200 miliar,' kata Amran, Senin (13/11/2017) di Palangka Raya.

Dia menegaskan, sasaran lahan sawah padi organik seluas 300 ribu hektare adalah perintah khusus dari Presiden RI Joko Widodo yang ingin menjadikan Kalteng sebagai lumbung padi organik di Indonesia dan pangsanya ekspor ke luar negeri.

Mengenai jenis padi organik yang akan ditanam, Amran mengatakan pihaknya masih akan melihat pangsa pasar. Sebab ada beberapa negara yang menggemari padi organik di dunia saat ini.

'Ini perintah khsusus presiden. Kita yang harus konsentrasi dan siap dengan produksi padi organik karena ini permintaan cukup besar. Jenisnya, nanti akan kita lihat mana yang disenangi konsumen, karena ini khusus pangsa ekspor,' kata dia.

'Kita juga sudah swasembada jagung dan sekarang ini yang disasar adalah pangsa ekspor. Kalteng harus capai 100 ribu ha untuk memenuhi permintaan luar negeri. Sapi harus juga digenjot. ,' pungkas Amran. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru