Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

27 SMP di Kapuas Dapat Bantuan Rehab Bangunan

  • Oleh Hamdi
  • 16 November 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Sebanyak 27 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di Kabupaten Kapuas mendapatkan bantuan untuk rehab bangunan sekolah. Bantuan rehab tersebut bermacam-macam, ada yang direhab bangunan laboratorium, perpustakaan, ruang belajar dan lain sebagainya sesuai dengan keperluan sekolah tersebut.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Alfrit mengungkapkan, total dana yang digunakan untuk rehab pembangunan diperkirakan mencapai sekitar Rp9 miliar. "Rehab dilakukan dua tahap, tahap pertama ada enam sekolah, untuk tahap kedua ada 13 sekolah dan sisanya yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) ada 8 sekolah," tuturnya saat melakukan peninjauan hasil rehab di SMPN 4 Bataguh, Kamis (16/11/2017).

Rehab sekolah tersebut menggunakan dua sumber dana yaitu dana Block Grant dan Dana Alokasi Khusus (DAK). "Untuk mendapatkan bantuan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah, terutama data dapodik yang dikirimkan ke pusat, untuk mendapatkan Block Grant harus di atas dari 60 persen," katanya.

Selain itu, sambungnya, berdasarkan hasil survei, yang kemudian nantinya akan dipaparkan oleh pihak Disdik. "Karena Dapodik ini dikirimkan oleh pihak sekolah langsung ke pusat. Selain itu juga dengan melalui usulan, yang nantinya melihat apakah sekolah tersebut memang perlu dilakukan rehab atau ada yang lebih mendesak," sambungnya.

Ia menambahkan, untuk pembangunan rehab pada tahap pertama sudah mencapai 100 persen. Tahap kedua akan direalisasikan dalam beberapa bulan ke depan. "Dengan adanya bantuan ini menjadikan contoh kepada sekolah-sekolah lain agar membuat laporan dengan baik," katanya.

Karena katanya, untuk prospek dana Block Grant ini sangat baik dan bermanfaat untuk sekolah sesuai dengan hasil evaluasi dan kontrol yang dilakukan pihaknya. "Jadi untuk total secara keseluruhan, di 115 sekolah SMP yang ada di Kabupaten Kapuas, hanya sekitar 20 persen yang rehab berat, sisanya rehab ringan, karena kita selalu mendapatkan bantuan dari pemerintah, bantuannya sudah cukup banyak," terangnya.

Dirinya mengharapkan, kepada 27 sekolah yang mendapatkan bantuan tersebut agar bisa digunakan dengan baik untuk meningkatkan dan menunjang kualitas pendidikan. "Diharapkan fasilitas ini bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik untuk menunjang kualitas pendidikan terkhusus di Kabupaten Kapuas," pungkas dia. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru