Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Siapkan 600 Hektare Untuk Kopi dan Coklat

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 18 November 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan perluasan lahan untuk menggenjot perkebunan berkelanjutan, terutama kopi dan coklat. Targetnya seluas 600 hektare lahan baru untuk komoditas coklat dan kopi.

Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah, Rawing Rambang mengatakan setidaknya ada tiga daerah yang menjadi sasaran. Yaitu Kabupaten Barito Utara Barito Selatan, dan Kotawaringin Tmur.

Berkaca pada tahun lalu, sasaran ini mengalami lompatan luar biasa. Sebab pada 2017 bantuan pencetakan lahan hanya menyasar 100 hektare saja untuk dua komoditas tersebut yaitu hanya 100 hektare. Bahkan itu termasuk bantuan tanaman karet kepada masyarakat.

Sasaran pengembangan kopi dan coklat ini, memang menjadi fokus perhatian Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Kenapa pilihan jatuh pada dua komoditas perkebunan ini Kestabilan harga menjadi catatan gubernur.

'Karena dua komoditas ini harganya lumayan stabil di nasional maupun pasaran internasional, dibanding karet yang naik turun,' ucap Gubernur Sugianto. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru