Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mendes PDTT Beberkan Hasil Pembangunan Dari Kucuran Dana Desa

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 November 2017 - 07:28 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kucuran dana langsung ke rekening desa dianggap menuai hasil cukup besar. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo bahkan mengklaim, sejarah baru pembangunan infrastruktur yang langsung menusuk ke desa atau pinggiran.

Ia menyebut, dana desa (DD) telah mampu membangun 121 ribu kilometer (km) jalan di desa. Kemudian 92 ribu jembatan, puluhan ribu posyandu dan pslindes, sarana irigrasi, 200 ribu unit penahan tanah longsor, 600 ribu unit drainase, juga sekolah PUD 50 ribu unit, dan sarana air bersih di perdesaan.

'Ini membuat sejarah di republik ini. Sebelumnya belum pernah ada. Ini usulan yang diputuskan sendiri dimusyawarah masyarakat desa, mereka yang lebih tahu apa yang mereka butuhkan,' tegas Menteri Eko Putro saat berada di Palangka Raya, Minggu (19/11/2017).

'Misalnya membangun ratusan ribu unit saluran drainase. Kenapa penting Mereka lebih tahu bahwa musim hujan banyak kasus demam berdarah. Setelah drainase lancar, nyamuk kan tidak bisa bersarang, akhirnya angka demam berdarah turun drastis. Ini hasilnya,' ujarnya.

Tetapi juga, lanjut Menteri Eko, harus diakui pembangunan dari daerah pinggiran atau desa melalui DD belum menyentuh pada persoalan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tetapi secara eksponensial akan diketahui dampaknya beberapa tahun ke depan.

'Diakui, tidak melulu bisa meningkatkan pertumbuhan dan pemberdayaan ekonomi, tetapi ini baru tahun'tahun pertama. Ke depan, setelah infrastruktur membaik, presiden beralih di mana mulai tahun depan sudah harus sasar bagaimana pertumbuhan ekonomi,' sebutnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru