Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sakariyas Minta Pelaku PETI di Sungai Katingan Hentikan Aktivitas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 November 2017 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Sakariyas meminta kepada pelaku penambang emas tanpa izin (PETI) terutama di daerah aliran sungai (DAS) Katingan agar menghentikan aktivitasnya.

"Kita mengapresiasi kepada jajaran Polres Katingan yang kemarin melakukan penertiban terhadap pelaku PETI ini di wilayah Kecamatan Pulau Malan," kata Bupati Sakariyas, Jumat (24/11/2017).

Beruntung, kata Sakariyas, para pelaku PETI itu tidak diproses hukum. Pasalnya penertiban itu sekaligus dilakukan sosialisasi kepada pelaku PETI agar tidak lagi melakukan aktifitasnya di Sungai Katingan, sebab akan menyebabkan pencemaran dan pendangkalan sungai.

"Masih baik pak polisi tidak menangkap dan memrosesnya, coba kalau langsung ditangkap dan diproses," katanya.

Untuk itu ia berharap para pelaku PETI di sepanjang Sungai Katingan mulai saat ini agar menghentikan semua aktivitasnya.

Pasalnya polisi memberi batas waktu kepada pelaku PETI, dan bagi yang masih membandel maka kemudian akan berurusan dengan masalah hukum.

"Sebenarnya kita itu tidak mau ada warga kita yang ditangkap karena mencari nafkah dengan mencari emas itu, tapi kita harus bagaimana sebab memang peraturannya tidak membolehkan menambang itu terutama di sungai," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru