Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Tidak Miliki Peta Rencana Inovasi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 November 2017 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Indonesia merupakan negara kaya. Sayangnya, negara ini tidak memiliki peta rencana (roadmap) inovasi. Ini menunjukkan Indonesia belum memiliki prasarat sebagai negara yang konsen dengan perkembangan melalui inovasi. Padahal dengan inovasi negara bisa unggul.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Dewan Riset Nasional Bambang Setiadi saat hadir di Universitas Palangka Raya, Sabtu (25/11/2017). Ia menuturkan, negara tetangga bisa berkembang karena membangun dengan ditopang legalitas atau regulasi mengenai inovasi, mengalokasikan dana riset, dan kejelasan peta rencana. Sedangkan Indonesia tidak.

'Indoensia tidak ada undang-undang inovasi, tidak memiliki roadmap inovasi, strategi inovasi, dana inovasi, dewan inovasi, dan juga tidak ada kerja sama regional tentang inovasi. Enam ini tidak ada semuanya di Indonesia kita ini,' ulas Bambang.

Ia mencontohkan, negara Tiongkok menjadi maju karena teknologi. Padahal beberapa dekade lalu tidak ada apa-apanya dengan negara lain. Begitu juga dengan negara-negara di Benua Afrika yang serius membangun kerja sama regional, saat ini sudah maju.

'Tiongkok mengalahkan teknologi dunia belahan lainnya yang lebih maju karena membangun inovasi. Singapura yang tidak punya sumber daya alam yang diandalkan namun mampu kuasai dunia. Ini karena berani mengganggarkan riset dan kuasai inovasi,' sebut dia. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru