Minggu, 17 Desember 2017
 

 
 

Keliling Indonesia

Bermodal Rp130 Ribu dan Sepeda, Mantan Pengguna Narkoba Ini Bayar Nazar Keliling Indonesia

 
 
Damin, mantan pengguna narkoba bayar nazar keliling Indonesia dengan naik sepeda.

Damin, mantan pengguna narkoba bayar nazar keliling Indonesia dengan naik sepeda.

Borneonews / Noor Annisa

BORNEONEWS, Sampit - Pakaian merah putih yang dikenakannya tampak lusuh bercampur debu jalanan. Raut lelah terpancar dari wajah Damin, pria berusia 43 tahun asal Lampung. Tapi, begitu cap Bagian Umum Setda Kotim sudah tercetak di bukunya, senyum semangat pria mantan pengguna narkoba ini pun terukir bibirnya.

Damin, seorang pria yang memiliki dua orang anak itu, ingin membayar nazar berkeliling Indonesia menggunakan sepeda. Selain menebus ‘dosa’ karena pernah menjadi pengguna narkoba, nazarnya ini karena berhasil sembuh dari kecelakaan lalu lintas yang mematahkan kedua kakinya.

“Saya dulu memang pernah terjerumus ke narkoba. Kerjaan saya dulu sopir angkutan. Kemudian saya mengalami kecelakaan lalu lintas dan patah kedua kaki. Sekarang sudah sembuh dan saya punya nazar berkeliling Indonesia menggunakan sepeda,” kata Damin, saat tiba di Sampit, Kamis (7/12/2017).

Karena kesadarannya yang pernah menjadi pengguna narkoba dan korban lakalantas itu, dia sekaligus mengampanyekan tertib lalu lintas dan bahaya narkoba melalui tulisan yang dipajang di sepedanya.

Perjalanan dimulai dari kampung halamannya di Lampung Selatang sejak April 2017 lalu. Kini, dia sudah berhasil mengelilingi pulau Sumatera. Kemudian berlanjut ke Banten, Jakarta, Pontianak, hingga tiba di Sampit. “Untuk menyeberangi pulau, saya menumpang kapal,” katanya.

Modal Damin terbilang nekat. Sedikit uang tunai serta peralatan ditambah restu keluarganya, memacu semangat di jiwanya untuk mengayuh sepeda.

“Yang saya bawa dari awal perjalanan cuma Rp130 ribu, peralatan sepeda dan pakaian. Untungnya banyak yang membantu di perjalanan, sehingga saya bisa bertahan sampai sekarang. Kadang istirahat di masjid, kantor polisi, koramil, atau ada warga yang memberikan tumpangan,” tuturnya penuh syukur.

Damin yakin, dengan kekuatan semangat yang dimilikinya itu, nazarnya mampu ditebus. Rencananya, selepas dari Sampit, Damin akan melanjutkan perjalanan menuju Palangka Raya. (NOOR ANNISA/B-5)

BERITA POPULER

Meninggal Dunia

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top