Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penjelasan Sekda Kapuas Terkait Ibu Kota Negara

  • 13 Desember 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Rianova mengatakan Kabupaten Kapuas menjadi salah satu daerah yang dikunjungi Tim Kajian Pemindahan Ibukota RI. Namun, Kapuas hanya masuk dalam kajian transportasi darat dan sungai. Pasalnya, selama ini yang digadang-gadang menjadi Ibu Kota RI Kota Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas.

"Kalau kita Kapuas tidak menjadi perbincangan selama ini di tingkat level pemerintahan ketika ada pertemuan di Provinsi. Kedatangan tim ini hanya mengkaji dari aspek transportasi darat, sungai penerangan dan telekomunikasi," kata Rianova saat mendampingi tim kajian pemindahan ibu kota di Kantor Bappeda Kapuas, Rabu (13/12/2017)

Menurut Rianova, pihaknya telah menyampaikan paparan kepada tim bahwa sebagian besar wilayah Kabupaten Kapuas secara tata ruang masih banyak yang statusnya hutan. Kemudian, wilayah terbagi menjadi dua yakni pasang surut dan non pasang surut terdiri dari 17 kecamatan dan 214 desa.

"Kalau pun ada pembangunan secara besar-besaran di daerah pasang surut. Tentu cost (biaya) pembanguan sangat tinggi karena daerah gambut. Kalau daerah non pasang surut juga kondisi geografis yang ekstrem menjadi salah satu kendala," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru