Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka Sebagai Gerakan Mendidik dan Membina Pemuda

  • Oleh Ramadani
  • 14 Desember 2017 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Masdulhaq mengatakan pramuka adalah gerakan kepanduan praja muda karana untuk mendidik dan membina pemuda guna membangun mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual serta fisik yang prima.

'Gerakan pramuka juga merupakan suatu wadah pembinaan serta pendidikan yang bersifat menantang tapi menarik bagi anak didiknya. Sistem pendidikan dalam ke pramukaan sejauh ini banyak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan bangsa dan negara karena ikut dalam meningkatkan pertumbuhan watak serta kepribadian peserta didik,' kata Masdulhaq, Kamis (14/12/2017).

Masdulhaq menjelaskan kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan secara berkala dan berkesinambungan serta berkelanjutan disetiap tingkatannya, tidak hanya teori saja, tapi juga dengan simulasi yang menyenangkan sehingga peserta langsung terlibat dalam permainan yang mengandung pendidikan.

Menurutnya, gerakan pramuka juga sebagai langkah dalam membangun karakter dan SDM anak bangsa. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada SDM yang berkualitas.

'Salah satu tempat pembentukan karakter tersebut ada pada gerakan pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, kita dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda,' katanya.(RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru