Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Digelarnya Syukuran Panen Pedet di Desa Pangkalan Tiga

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 Desember 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Rosihan Pribadi menjelaskan tujuan digelarnya syukuran panen pedet yang juga dihadiri oleh Bupati Kobar Nurhidayah di Desa Pangkalan Tiga, Kamis (14/12/2017)

"Selain untuk memotivasi petani agar dapat meningkatkan produktivitas ternak sapi, juga untuk memantau pelaksanaan program Upaya Khusus (Upsus) Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) di Kabupaten Kobar," jelas Rosihan.

Karena, lanjutnya, untuk Kabupaten Kobar ditargetkan IB (kawin suntik) sebesar 1982 ekor sapi. "Sampai hari ini telah mencapai 2.184 ekor atau 110,19 %. Pada hari ini di Desa Pangkalan Tiga dilakukan panen 136 ekor pedet, merupakan hasil dari program IB 2016/2017," jelas Rosihan.

Menurut Rosihan, Desa Pangkalan Tiga merupakan salah satu sentra pengembangan ternak di Kecamatan Pangkalan Lada. "Tentunya selain Desa Sumber Agung dan Desa Purbasari. Sedangkan di Kecamatan Pangkalan Banteng, sentranya berada di Desa Amin Jaya dan Desa Sungai Pakit. Kemudian untuk Kecamatan Kumai berada di Desa Pangkalan Satu dan Desa Sungai Cabang," jelasnya.

Demikian juga di Kecamatan Arut Selatan (Arsel), sentra ternak masyarakat berada di Desa Kumpai Batu Atas dan Desa Kumpai Batu Bawah serta Desa Natai Raya. "Keuntungan peternak yang sapinya mengikuti program IB, adalah dapat meningkatkan frekuensi kelahiran sekaligus meningkatkan kualitas ternak sapi turunannya," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru