Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Kerusakan Bunga Jantan Kelapa Sawit Akibat Serangan Tikus

  • Oleh Ediya Moralia
  • 26 Desember 2017 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kumbang E. kamerunicus merupakan serangga penyerbuk yang sangat menentukan keberhasilan penyerbukan bunga kelapa sawit. Namun populasi kumbang ini selalu tidak stabil karena adanya musuh alami bernama tikus.

Fakta di lapangan menunjukkan, tikus akan memakan telur, larva dan pupa E. kamerunicus yang berada di spikelet (buliran) bunga jantan kelapa sawit sehingga akan mengurangi populasi E. kamerunicus.

'Guna mengetahui dampak kerusakan bunga jantan kelapa sawit akibat serangan tikus terhadap populasi larva serangga penyerbuk E. kamerunicus ini, Sulung Research Station pun menggelar penelitian,' kata Head of Research Sulung Research Station (SRS) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Fizrul Indra Lubis kepada Borneonews, baru-baru ini.

Penelitian berlangsung di Estate Batu Kotam, Sulung, Pulau, Rangda, Suayap, Rungun, Selangkun dan Kondang Estate milik PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk selama satu tahun.

Pengamatan populasi larva E. kamerunicus dilakukan dengan menghitung larva pada spikelet bunga jantan lewat anthesis yang mengalami kerusakan 1-25%, 26-50%, 51-75%, lebih dari 75 %, dan spikelet (buliran) normal.

Tiap kelompok tersebut diambil 10 spikelet sampel secara acak berdasarkan tingkat kerusakan uji, kemudian dihitung larva yang ditemukan pada setiap tingkat kerusakan buliran.

'Hasil pengamatan menunjukkan bahwa tikus merupakan musuh alami utama kumbang E. kamerunicus yang dapat menyerang pada fase larva. Semakin tinggi tingkat kerusakan buliran bunga jantan akibat serangan tikus maka akan semakin besar kehilangan larva per spikeletnya,' kata Rudiansyah Enthomologist Sulung Research Station PT. SSMS.

Tertarik ingin mengetahui detail penelitian ini Anda bisa menghubungi Sulung Research Station melalui email ke [email protected], atau hubungi nomor telepon 0532-21297 ext 559. (m)

Berita Terbaru