Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMD: Musrenbang Tingkat Desa Harus Selesai Awal Bulan Depan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Januari 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Lamandau, Muriadi, menyebut, bahwa pemkab Lamandau telah menargetkan agar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dapat dilaksanakan selama satu bulan penuh yakni pada bulan Januari ini.

Sehingga paling lambat awal bulan Februari mendatang semua desa sudah melaksanakan Musrenbangdes. "Seperti pada tahun-tahun sebelumnya waktu pelaksanaan Musrenbangdes yang di bulan Januari seperti sekarang ini. Kemudian, pada bulan Pebruari dilanjutkan Musrenbang tingkat Kecamatan. Artinya MusrenbangDes kita target selesai degelar paling lambat awal bulan depan," ungkapnya.

Tujuan dari dilaksanakannya Musrenbangdes, lanjut dia, adalah untuk mensinkronisasikan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

"Sehingga program pembangunan apa yang menjadi prioritas di tingkat desa itulah yang nantinya akan dibawa dan dibahas pada Musrenbang tingkat selanjutnya," ujarnya.

Menurut dia, selama pelaksanaan Musrenbangdes ini, selain dari pemerintah kecamatan, maka pihaknya juga akan memberikan pendampingan.

"Dan tentu saja, usulan prioritas masyarakat-lah yang nantinya akan dilaksanakan pada tahun 2019," ucap mantan kepala Bappeda Lamandau ini.

Menurut Muariadi, usulan yang masih menjadi prioritas utama pada saat Musrenbangdes masih seputar pembangunan infrastruktur.

Sebelumnya, sejak awal bulan lalu, beberapa desa yang sudah melaksanakan Musrenbangdes diantaranya adalah desa Sungkup kecamatan Bulik Timur dan desa Bukit Harum kecamatan Menthobi Raya. Dan rencananya untuk hari ini, desa Jemuat juga akan melaksanakan Musrenbangdes. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru