Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Instruksikan Seluruh PBS Wajib Sediakan Plasma

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Maret 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengintruksikan seluruh perusahaan perkebunan besar swasta (PBS) menyediakan program plasma bagi masyarakat sekitar.

"Seluruh PBS wajib menyediakan lahan plasma untuk masyarakat, jangan sampai hal itu diabaikan," tegas Gubernur saat mendatangi perusahaan kepala sawit PT Mustika Sembuluh dan Desa Pondok Damar, Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (25/3/2018). 

Gubernur mewajibkan program plasma agar masyarakat mendapatkan kesejahteraan. Karena salah satu pemicu konflik yang terjadi antara masyarakat dan perusahaan ialah tidak adanya sumbangsih dari pihak perusahaan kepada masyarakat.

"Itulah kenapa saya mewajibkan seluruh PBS menyiapkan lahan plasma, agar masyarakat merasa diperhatikan dan tidak lagi terjadi konflik," kata Gubernu Sugianto.

Konflik antara masyarakat dan perusahaan perkebunan di Kalteng sudah berlangsung cukup lama. Bahkan sejak awal masuknya investor perkebunan ke daerah ini.

Hingga kini konflik tersebut seakan tidak pernah selesai. Penyebabnya, tidak semua perusahaan menjalankan program plasma.

Bahkan, lanjut Gubernur Sugianto, banyak masyarakat sekitar perusahaan yang beranggapan bahwa kehadiran investor perkebunan di wilayah mereka tidak memberikan dampak pada perubahan taraf hidup.

Tidak sedikit pula masyarakat yang mengaku, jika kehidupan mereka menjadi terganggu akibat lahan pertanian dan perkebunan telah mengerucut lantaan dirampas PBS. 

"Jadi apapun alasannya, saya ingin agar masyarakat mendapatkan jatah plasma dari perkebunan," tegas Gubernur Sugianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru