Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Germas Kapuas Masih dalam Tahap Sosialisasi

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 18 Mei 2018 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) masih dalam tahap sosialisasi, karena yang menjadi leading sektornya ada di Bappeda. Sedangkan Dinas Kesehatan hanya lintas sektor saja.

"Germas ini tidak hanya ada di Dinas Kesehatan saja, tetapi di kantor pemerintahan lainnya seperti Dinas Pertanian, Bappeda dan Ketahanan Pangan. Untuk kegiatan yang ada di Germas ini seperti melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur, serta memeriksa kesehatan secara berkala," kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Freddy Jaya Handriono, Jumat (18/5/2018).

Kegiatan ini akan dikembangkan lagi menjadi beberapa seperti penyediaan makanan sehat, percepatan perbaikan gizi dan meningkatkan perilaku hidup bersih. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan orang-orang dari kesehatan saja, sehingga ada pihak-pihak lain yang ikut terlibat.

"Apabila SK tersebut sudah ditanda tangani oleh bupati, maka akan disosialisasikan lagi ke semua SOPD. Untuk Dinas Kesehatan juga melakukan aktivitas fisik pada pukul 10.00 WIB dengan melakukan senam. Kegiatan itu merupakan salah satu aktivitas fisik yang ada di Germas," ucapnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga menyiapkan beberapa pola makan seperti menjajarkan urutan makanan seperti sayur, lauk dan nasi. Ada beberapa alasan sayur diletakkan di awal agar konsumsi serat bisa terpenuhi dan konsumsi tidak hanya terfokus pada nasi saja. (HARDI SARJITO/B-2)

Berita Terbaru