Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemahaman tentang Lalu Lintas Masuk Mata Pelajaran PKN

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Juli 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Darto Juhartono mengatakan bahwa pemahaman tentang lalu lintas sudah masuk pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Ia menyampaikan informasi itu pada kegiatan Diseminasi Model Integrasi Pelajaran Lalu Lintas (PLL) tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK di Aula Graha Bhayangkara, Kota Palangka Raya, Kamis (19/7/2018).

"Jadi kita tidak mengubah kurikulum, tidak pula mengubah mata pelajaran dan silabus. Tapi itu masuk dalam konten pelajaran PKN. Di situlah ada materi tentang tertib berlalu lintas, karena tidak boleh kita bikin mata pelajaran baru di sekolah," sebut Darto.

Ia menuturkan, yang mengajar PKN termasuk berkaitan dengan lalu lintas tetap seorang guru. Oleh sebab itu, guru harus lebih dulu mendapat pemahaman tentang cara mengajarkannya kepada peserta didik.

Namun demikian, polisi tetap bisa hadir bila diminta membantu. "Misalkan, pak (polisi) tolong kami bantu mendukung program ini. Nah itu boleh (polisi turun membantu mengajar)," jelasnya.

Menurutnya, menyelipkan pemahaman lalu lintas pada mata pelajaran PKN sudah berlangsung sejak lama di Indonesia. "Cuma setiap periode tertentu kita sempurnakan lagi. Kita sesuaikan dengan kondisi zaman. Apalagi zaman sekarang, teknologi informasi semakin canggih," bebernya.

"Semua nanti akan berjalan pelan-pelan. Kita di tingkat pusat juga memiliki kerja sama antara Polri dan Kementerian Pendidikan," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3

Berita Terbaru