Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahasa Inggris Kompetensi Dasar Penting

  • Oleh Inilah.com
  • 09 Februari 2020 - 11:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Bahasa Inggris merupakan kompetensi dasar yang kini mutlak dikuasai.

Tak terkecuali bagi generasi milenial yang merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) terbanyak dengan jumlah 23.77 persen dari total populasi Indonesia.

"Kemampuan bahasa Inggris akan mendukung pengembangan interpersonal skill atau kemampuan seseorang untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun kerjasama, baik antara individu maupun dalam grup, sehingga kompetensinya pun akan meningkat," kata Evan Januli, Head of Marketing EF English Centers for Adults, Jakarta, Sabtu, (07/02/2020).

Dewasa ini, kompetensi menjadi topik dan bahasan yang menjadi perhatian khusus di semua kalangan baik pemerintah, instansi pendidikan termasuk tenaga pendidik, dan industri.

"Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Pendidikan yang menyebutkan bahwa kita telah memasuki era dimana kompetensi dibutuhkan melebihi gelar, dan kini semakin banyak generesi milenial yang dilibatkan pada posisi-posisi strategis dalam pemerintahan," tambahnya.

Selain itu, pemerintah melalui road map Making Indonesia 4.0 juga menyebut Indonesia akan menjadi Top 10 kekuatan ekonomi dunia pada 2030, dimana dengan adanya bonus demografis yang didominasi oleh generasi milenial, menjadikan mereka sebagai kunci SDM dalam menyongsong era tersebut, serta menuntut peningkatan kualitas dan kompetensi, salah satunya penguasaan bahasa asing agar mampu berkomunikasi di tingkat global - global.

Mengutip dari survey Deloitte Millennial 2018, ada tiga kompetensi yang menjadi kunci untuk berhasil menghadapi era saat ini yaitu; Interpersonal Skill; Confidence and Motivation; serta Work Ethic.

Dari berbagai fakta tersebut, jelas tergambar bahwa kemampuan berbahasa adalah faktor yang mempengaruhi kemampuan berkomunikasi sebagau modal dasar untuk mengembangkan interpersonal skill sekaligus kunci untuk memiliki kompetensi lainnya.

Tara Adhisti De Thouars, Psikolog Klinis Dewasa dan Pendidikan berpendapat, bahasa merupakan salah satu pendukung terbesar untuk memenuhi kebutuhan akan aktualisasi diri, yaitu kebutuhan untuk membuktikan dan menunjukan diri kepada orang lain. Kebutuhan aktualisasi diri melibatkan keinginan yang terus menerus untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya semaksimal mungkin.

"Bagi generasi milenial yang punya karakter open mind, open for challenges, multitasking dan advancement seeker, menguasai bahasa akan memberikan kesempatan bagi mereka dalam memenuhi kebutuhan seluruh karakter tersebut secara maksimal, terlebih bila bahasa tersebut berpotensi menghubungkan dirinya dengan dunia. Kefasihan berbahasa akan meningkatkan kepercayaan diri, dan mendukung kemampuan berkomunikasi yang menjadi salah satu soft skill paling mendasar untuk mencapai kesuksesan." tambah Tara.

Berita Terbaru