Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadisnakertrans Kalteng: Tidak Ada Usulan Transmigrasi Apalagi Pendaftaran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 September 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Rivianus Syahril Tarigan menegaskan tidak ada usulan terkait program transmigrasi. Penegasan tersebut ia sampaikan kepada awak media, Selasa, 22 September 2020. 

"Pemerintah provinsi melalui Disnaker belum ada menerima usulan penempatan transmigrasi dari masing-masing kabupaten, kota se Kalteng untuk penempatan tahun 2020, 2021 dan seterusnya," tegasnya.

"Jadi, kalau usulan saja belum ada, apalagi proses pendaftaran," tegas dia lagi.

Syahril Tarigan menuturkan, proses usulan transmigrasi dimulai dari bawah yakni kabupaten mengusulkan ke provinsi, selanjutnya provinsi mengusulkan ke pusat. 

"Jadi ada atau tidaknya program transmigrasi, tergantung ada atau tidak adanya usulan dari kabupaten dan kota. Sampai sekarang tidak ada usulan," jelasnya.

"Oleh sebab itu kami sampaikan, pihak yang mengatakan pendaftaran transmigrasi sudah dibuka, atau ada pihak yang melakukan proses pendaftaran transmigrasi baik oleh dan mengatasnamakan pemerintahan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, ataupun oleh dan mengatasnamakan dinas transmigrasi Kabupaten Kapuas atau mana saja, atau provinsi, itu tidak benar. Sama sekali tidak benar," tandasnya.

Sebelumnya, beredar informasi tentang adanya pendaftaran transmigrasi yang syaratnya bisa langsung diserahkan ke kantor Disnakertrans Kalteng. Akibatnya, ada sejumlah warga yang datang ke kantor dinas tersebut untuk melakukan pendaftaran.

"Hari ini ada beberapa warga yang datang sambil membawa berkas. Padahal informasi pendataran itu tidak benar (hoax)," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru