Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Ciri Bukti Transfer Palsu yang Perlu Diwaspadai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Juni 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa ada ciri dari bukti transfer palsu yang perlu diwaspadai oleh masyarakat.

"Terdapat beberapa bentuk bukti transfer palsu yang banyak beredar dengan ciri untuk bukti screenshot transfer itu fontnya berbeda dengan bukti transfer resmi, tulisan tidak rapi atau berantakan, posisi dari tulisan tidak simetris, serta terdapat perbedaan ketebalan dari tulisan," kata Otto pada Sabtu, 10 Juni 2023.

Selain itu, lanjutnya, bukti transfer yang berupa file APK atau bentuk format file selain gambar, cirinya biasanya meminta akses untuk memasangkan aplikasi dan meminta akses beberapa bagian seperti penyimpanan, gallery, dan sebagainya.

"Tipe ini dapat menguras seluruh data pada telepon seluler," tegasnya.

Seperti diketahui bahwa baru-baru ini terjadi penipuan oleh orang tidak bertanggung jawab dengan modus pencairan dana hibah, mencatut nama Sekda Kalteng serta Wagub Kalteng.

Korbannya adalah pengurus surau Nurul Huda di Desa Sungai Tendang Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, dengan kerugian mencapai Rp8 juta. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru