Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seorang Guru di Kotim Diberhentikan Akibat Tidak Disiplin

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 26 Februari 2024 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang guru di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diberhentikan akibat tidak disiplin.

"Yang kemarin tahun 2022 kita lakukan pemberhentian dengan hormat tidak atas keinginan sendiri seorang guru yang tidak disiplin," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Kamaruddin Makkalepu, Senin, 26 Februari 2024.

Kamaruddin mengatakan, tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotim saat ini rata-rata mengikuti ketentuan jam dan hari kerja.

Namun ada 1 ASN tenaga guru di daerah ini yang terpaksa dijatuhkan sanksi karena tidak mentaati waktu kerja. Pelanggaran disiplin ASN tersebut sudah cukup untuk dijatuhkan hukuman sanksi disiplin berat.

Kamaruddin mengatakan, peraturan jam kerja ini sudah diatur ketat dalam PP Nomor 94 Tahun 2021. Apabila 3 hari berturut-turut tidak hadir akan dikenai sanksi ringan, jika 6 hari tidak hadir akan dikenai sanksi sedang, dan jika 9-10 hari berturut-turut tidak hadir bertugas akan dikenai sanksi berat.

Sanksi berat terdapat 3 kategori mulai dari penurunan jabatan setingkat lebih rendah. Sanksi berat sedang berupa pembebasan jabatan ke dalam jabatan pelaksana. Sanksi berat berat berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas keinginan sendiri.

"Kita berharap tahun ini tidak lagi terjadi," terangnya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru