Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kartu Indonesia Sehat Jamin Masyarakat Murung Raya Dapat Layanan Gratis

  • Oleh Trisno
  • 01 Oktober 2018 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Program Pemkab Murung Raya (Mura) yang jadi salah satu andalan yaitu Kartu Mura Sehat (KMS) kini diintegrasikan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan menjamin masyarakat mendapat layanan kesehatan gratis.

“Tentu KMS integrasi KIS saat ini sudah tersebar di masyarakat, pengurusannya mudah hanya KTP atau surat domisili, paling lama 20 menit kartu sudah bisa diterima dan ini kelebihan dari program KMS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mura dr Suria Siri, belum lama ini.

Menurut mantan Direktur RSUD Puruk Cahu itu, selama ini memasuki tahun kedua pelaksanaan KMS berjalan baik dan mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat dan tentu apabila mendapat respon demikian, tentu program ini telah terbukti memberikan manfaat.

Lebih lanjut dikatakan saat ini masyarakat tidak perlu lagi ragu atau takut apabila ingin berobat di Pustu, Puskesmas dan RSUD yang mungkin karena terkendala biaya berobat. Karena melalui KMS yang mudah didapatkan karena pengurusannya yang sangat simpel masyarakat akan dijamin mendapat pelayanan kesehatan secara gratis.

“Masyarakat sangat terbantu dengan program yang kini sudah diterima oleh hampir 100 persen masyarakat Mura, beberapa kali kami mendapat komentar yang positif terhadap program ini dan tentu bukan tanpa kelemahan, namun akan terus dilakukan pembenahan dan perbaikan untuk menyempurnakan program ini,” tuturnya.

Tidak hanya itu, sejak diluncurkannya program KMS integrasi KIS, pihaknya juga mencatat ada peningkatan jumlah pasien atau kunjungan ke fasilitas kesehatan yang cukup siginifkan. Dan tentu data tersebut menandakan bahwa KMS diterima dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Meski katanya pelayanan melalui KMS masih terbatas dan belum menyentuh ke sisi promotif, namun tentu manfaatnya bisa dirasakan dan sangat membantu. Dengan harapan kedepan sistem layanan dan regulasi akan terus diperbaiki sehingga lebih sempurna lagi. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru