Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Imbau Warga Waspadai Luapan Air Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Desember 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan mengingatkan warga, terutama yang bermukim di bantaran Sungai Katingan, agar mewaspadai luapan air sungai seiring tingginya curah hujan belakangan ini.

Saat ini Sungai Katingan yang membentang dari wilayah Kecamatan Bukit Raya hingga Pagatan, Kecamatan Katingan Kuala (berbatasan langsung dengan Laut Jawa), sudah mulai meluap di beberapa daerah. Terutama di dataran rendah.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Icing, Selasa (4/12/2018), saat ini memang daerah Katingan masih aman dari bencana banjir itu. Akan tetapi, sejumlah wilayah terutama dataran rendah sudah mulai ada genangan air. Seperti di Desa Handiwung, Kecamatan Tasik Payawan.

"Di Desa Handiwung itu ada satu titik di mana ruas jalan belakang kampung terendam banjir," katanya.

Namun, jalan tersebut merupakan proyek yang belum selesai dikerjakan atau dalam proses pengerjaan.

"Jalan yang terendam banjir itu masih belum selesai dilakukan penimbunan sebelumnya. Karena masih rendah sehingga sebagian jalan terendam akibat luapan Sungai Katingan."

Pantauan BPBD, sejauh ini curah hujan yang tinggi di wilayah Katingan, baru terjadi di bagian hilir dan tengah.

"Yang perlu kita waspadai kalau curah hujan tinggi terjadi di bagian hulu. Sebab bisa saja dampaknya wilayah tengah dan hilir yang kebanjiran," sebut Icing. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru