Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inspektorat Evaluasi Berkala Pelaporan Desa Hindari Jeratan Hukum

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Februari 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna menghindari terjadinya jeratan hukum terhadap pemerintahan desa Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melakukan evaluasi pelaporan secara berkala terkait kinerja pemerintahan desa. 

"Kami ditugaskan mengatasi permasalahan desa, khususnya masalah pelaporan. Evaluasi berkala dalam tiga bulan sekali," ujar Inspektur Inspektorat Kabupaten Kotim Otter, Selasa (19/2/2019). 

Evaluasi kinerja desa akan dilakukan sehingga dapat diketahui program mana saja yang memang tepat sasaran dan tidak melanggar hukum agar bisa terus dijalankan. Sedangkan yang menyalahi aturan bisa langsung dihentikan atau diperbaiki. 

"Sehingga jika ada kesalahan tidak dibiarkan berlarut-larut," kata Otter. 

Evaluasi berkala juga merupakan program jaga desa. Pihaknya bersama Kejaksaan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes), melakukan sosialisasi terkait bagaimana menjalankan dan penggunaan dana desa. 

"Semua itu dilakukan sebagai upaya agar tidak ada lagi kades yang salah dalam penggunaan dana desa akibat ketidaktahuan," kata Otter. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru