Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Miliki 22 Sekat Kanal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Mei 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya mencatat, Kota Palangka Raya saat ini memiliki sekitar 22 sekat kanal.

“Totalnya untuk saat ada 22 sekat kanal yang tersebar di beberapa titik kawasan Kota Palangka Raya,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto, Jumat, 31 Mei 2019.

Tim, lanjut dia, saat ini sedang melakukan pemantauan dan pengecekan kanal kanal tersebut. Memastikan apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

“Pasalnya saat ini sudah sampai akhir masa. Nanti pada bulan Juni pemeliharaannya sudah habis. Jadi tim teknis perlu memantau sampai mana fungsinya,” ucap dia. 

Sekat kanal merupakan pembuatan parit dan pemberian sekat semacam bendungan yang diaplikasikan di area lahan gambut.  Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan daya tampung air pada lahan gambut.

Penyekatan kanal bisa mengeluarkan air gambut menuju ke tempat lain sehingga daya simpan airnya menjadi lebih tinggi. Selain itu juga mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru