Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Bungkus Daging dengan Plastik Hitam

  • Oleh Magang 1
  • 20 Juli 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas mengingatkan masyarakat, agar jangan membungkus daging dengan plastik hitam.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth mengatakan, plastik hitam berasal dari daur ulang, sebagian besar bekas dari pestisida dan kotoran.

“Pada saat pembuatan, plastik hitam diawetkan menggunakan formalin. Plastik berbau tajam dan dapat mencemari daging,” kata Yuliana, Sabtu, 20 Juli 2019.

Dia juga mengingatkan kepada pedagang yang sakit agar sebaiknya tidak berjualan atau menangani produk hewan, karena dapat mencemari produk.

Untuk mencegah cemaran bakteri, pedagang harus memastikan sudah mandi dan mengenakan pakaian bersih pada saat berdagang. Kemudian, menggunakan air yang bersih untuk mencuci peralatan.

“Pisahkan antara jeroan dan daging di wadahnya masing-masing. Jangan batuk atau bersin ke arah daging atau jeroan yang dijual,” timpalnya.

Selanjutnya, jangan menggunakan pisau yang sama untuk memotong jeroan dan daging. Serta jangan mencampur daging atau jeroan yang tidak laku di hari sebelumnya dengan yang baru. (MAGANG 1/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru