Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cadangan Beras di Era Andi Amran Sulaiman Disebut Terbaik

  • Oleh Inilah.com
  • 15 Oktober 2019 - 07:30 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Jumlah stok beras nasional selama masa Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjabat, disebut selalu dalam posisi aman. Bahkan disebut terbaik dari swasembada pangan pertama tahun 1984.

"Kita (Indonesia) bisa surplus beras. Bahkan mungkin lebih baik dari masa-masa yang sebelumnya. Datanya sudah jelas bahwa ketersediaan cadangan beras nasional itu aman," kata Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir, Senin, 14 Oktober 2019.

Menurut Winarno, kondisi data beras yang ada sekarang patut menjadi acuan bahwa Indonesia kembali mampu mewujudkan swasembada pangan, khususnya beras.

"Bisa saja malahan jumlah berasnya lebih dari yang dihitung BPS kan. Bagaimanapun metode perhitungan stok beras itu kan perlu perbaikan terus," ujar Winarno.

Dengan informasi telah penuhnya gudang Bulog sebagai tempat penampungan beras menunjukkan bahwa tidak diperlukan lagi dilakukan impor. Menurutnya impor dengan kondisi stok beras berlebih akan menciderai kinerja petani.

Tahun 2018 BPS telah mencatat bahwa Indonesia telah memiliki cadangan stok beras yang surplus sebanyak 2,85 juta ton. Kementan mengklaim, stok saat ini menandakan Indonesia telah mampu melakukan swasembada beras. (INILAH.COM/B-11)

Berita Terbaru