Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Ketahanan Pangan Barito Timur Terus Kembangkan Sumber Daya Pangan Lokal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Oktober 2019 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Ketahanan Pangan Barito Timur terus berupaya mengembangkan sumber daya pangan lokal seperti singkong, ubi-ubian, talas, ganyong dan kacang-kacangan.

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan konsumsi beras bagi masyarakat Barito Timur.

"Dengan jumlah penduduk kurang lebih 116.946 jiwa, maka kebutuhan konsumsi terhadap beras di Kabupaten Barito Timur cukup tinggi," kata Plt Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi pada Festival Pangan Lokal, Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Aula Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur. Senin, 28 Oktober 2019.

Selain untuk mengurangi ketergantungan konsumsi beras, menurut Riza, pengembangan pangan lokal juga akan berdampak positif bagi pengembangan ekonomi masyarakat.

"Festival ini diharapkan dapat menimbulkan kreativitas dan inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik, citarasa tinggi, bergizi serta mengalami peningkatan nilai ekonomi,"  imbuhnya.

Dalam kegiatan yang merupakan program kerja Dinas Ketahanan Pangan serta untuk menyambut Hari Pangan Se Dunia k-39 tersebut, Riza juga menyampaikan komitmen Dinas Ketahanan Pangan untuk ikut mendampingi pelaku usaha kecil yang memproduksi olahan pangan.

"Kita akan bantu para pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat produksi pangan dari Badan POM maupun sertifikat halal agar pelaku usaha dapat memasarkan produknya secara lebih luas," kata Riza.

Festival Pangan Lokal B2SA diikuti oleh peserta dari TP PKK 8 kecamatan di Barito Timur yakni Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku dan Kecamatan Raren Batuah. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru