Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPA di Sampit Diprediksi Hanya Bertahan 1 Tahun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Januari 2020 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di prediksi hanya bertahan 1 tahun saja maka akan penuh, karena volume sampah rumah tangga cukup tinggi setiap hari.

"Melihat dari volume sampah setiap harinya, maka kami prediksi TPA ini hanya bertahan 1 tahun," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Sangggul Lumban Gaol, Kamis 30 Januari 2020.

Dia menerangkan sampah rumah tangga yang dihasilkan di Sampit dalam sehari bisa mencapai 100 ton hingga 125 ton. Jumlah ini tentunya cukup banyak dan kalau tidak ada solusi pengolahan sampah di TPA, maka akan penuh nantinya.

Keadaan ini menjadi perhatian tersendiri bagi pihaknya. Mereka sedang berupaya untuk mencari insvestor untuk mengolah sampah di TPA, sehingga tidak menumpuk nantinya.

"Kami sedang mencari insvestor terkait penanganan sampah di daerah ini. Mudahan bisa terus. Mudah-mudahan ada yang tertarik nantinya," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa sudah ada bertemu dengan seorang investor pengolahan sampah dan yang bersangkutan sudah melihat kondisi TPA.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa sepakat, sehingga sampah di TPA bisa terkelola dengan baik," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru