Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ISPA Biasanya Disertai Diare, Kebersihan Lingkungan Harus Diutamakan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2020 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Cuaca tidak menentu berpotensi meningkatkan gejala infeksi salauran pernafaran atas atau ISPA. Bahkan, biasanya disertai dengan diare juga. Karena itu Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Susi Idawati meminta masyarakat untuk lebih mengutamakan kebersihan lingkungan.

"Beberapa gejala ISPA yang umumnya dialami pengidapnya seperti hidung tersumbat dan pilek, batuk kering tanpa dahak, demam ringan, nyeri tenggorokan, nyeri kepala ringan, bernapas cepat atau kesulitan bernapas, warna kebiruan pada kulit akibat kurangnya oksigen, gejala sinusitis seperti wajah terasa nyeri, hidung beringus, dan demam. Nah itu semua biasanya juga akan disertai diare," kata Susi kepada Borneonews pada Minggu, 29 Maret 2020.

Menyoal ISPA ini menurut Susi, gejalanya sangat mirip dengan gejala covid-19 atau corona.

"Biasanya saat tidak ada hujan dalam jangka panjang, lalu tiba-tiba hujan, terulang begitu lagi, maka akan banyak warga yang terserang ISPA dan diare serta penyakit yang lain. Saya minta masyarakat mewaspadai keadaan tersebut dengan menjaga kebersihan lingkungan," pinta Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan bahwa pada musim yang tidak menentu seperti saat ini, berbagai penyakit dapat dengan mudah menyerang masyarakat.

"Karena debu bercampur polusi saat panas yang beterbangan, lalu tersiram hujan yang menimbulkan genangan-genangan air, ini memiliki potensi yang besar masuk ke rongga pernafasan yang akhirnya menyebabkan ISPA dan disertai batuk serta flu," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru