Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kotim Dorong Pemkab Perhatikan Pegiat Seni dan Budaya

  • Oleh Naco
  • 29 Juli 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kotawaringin Timur, Juliansyah mendorong pemkab agar memerhatikan serta memfasilitasi pegiat seni dan budaya lokal. Bahkan disarakan, pegiat seni mendapatkan bantuan anggaran untuk pembinaan dan pemberdayaan.

“Makanya ada usulan perda budaya lokal itu. Sangat perlu didukung agar ada pijakan hukum sehingga budaya di Kotim ini mendapatkan tempat dan dilestarikan dengan maksimal,”kata Juliansyah, Rabu, 29 Juli 2020

Dalam program legislasi 2020 ini, DPRD Kotim menginisiasi salah satu raperda budaya lokal. Raperda itu terintegrasi dengan semangat pemberdayaan dan pelestarian budaya lokal.

Dia menegaskan kebudayaan lokal cenderung tergerus dengan perkembangan zaman seiring merangseknya pengaruh budaya luar, Sementara itu, pemerintah kabupaten dianggap kurang maksimal dalam memberikan penanganan terhadap kebudayaan daerah.

“Kami tidak mau kebudayaan lokal kita hilang dan tergerus akibat dari kurangnya pembinaan dari pemerintah daerah. Padahal kita tahu, daerah lain saat ini gencar untuk perhatianya memberdayakan dan memperhatankan kebudayaan lokalnya,” tegasnya.

Dia mengaku bangga saat melihat penampilan budaya Kotim ketika berada di luar daerah. Bahkan orang dari luar Kalteng  juga sangat tertarik untuk mendalami berbagai keunikan dan keragaman budaya Dayak.

Sementara masyarakatnya sendiri banyak tidak tahu dan mengerti dengan kebudayaan dan kesenian daerahnya sendiri.

Dari itu harus digelorakan kembali semangat cinta daerah, ini bukan etniksitas tetapi untuk mengangkat kembali kebudayaan dan kesenian yang terlanjur banyak hilang. (NACO/B-11)

Berita Terbaru