Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Apresiasi Aksi Tanam Pohon BPHD AMAN

  • Oleh Ramadani
  • 10 Agustus 2020 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemkab Barito Utara mengapresiasi Badan Pelaksana Harian Daerah (BPHD) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) setempat yang melakukan aksi penanaman pohon dalam rangka memperingati hari Internasional Masyarakat Adat se dunia di Desa Karamuan, Kecamatan Lahei Barat.

“Kita apresiasi kegiatan ini dan pada prinsipnya kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh AMAN Barito Utara serta komunitasnya di Desa Karamuan, dimana kegiatan ini sederhana namun memiliki makna yang mendalam," kata Kasi Kemitraan dan Informasi Lingkungan pada DLH Barito Utara, Maruli Tambunan, Senin 10 Agustus 2020.

Untuk itu, kata dia, pihaknya terus mendukung apa yang dilakukan oleh AMAN Barito Utara dalam melakukan identifikasi sebagaimana yang tertuang dalam SK Pembentukan Panitia Masyarakat Adat Kabupaten Barito Utara yang ditanda tangani oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah, yang mana di dalamnya juga ada DAD Barito Utara.

"Desa Karamuan ini secara data dan memang sudah luar biasa disajikan oleh AMAN dan beberapa mitranya, tentunya kita berharap dimana Desa Karamuan adalah yang pertama akan di SK-kan nantinya," kata Maruli singkat.

Dalam penanaman pohon tersebut dihadiri Ketua BPHD AMAN Barito Utara Putes Lekas dan beberapa jajarannya. Ketua Komunitas Karamuan Sahran DG, Sekretaris Mantir Adat Desa Karamuan Salang, Ketua RT 04, RT 03 serta tokoh perempuan Adat Desa dan beberapa masyarakat, dan perwakilan aparat Desa setempat.

Sebelumnya, ketua BPHD AMAN Barito Utara, Putes Lekas mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut  pohon yang ditaman sebanyak 50 bibit tanaman berupa kayu ulin sebanyak 30 pohon, sisanya gaharu dan jengkol.

“Penanaman dilakukan di beberapa lokasi di Desa Karamuan, salah satunya di area Hongkong Hungei Usi yang menjadi salah satu daerah sakral yang diambil dari bahasa masyarakat Dusun Malang,” jelasnya. (RAMADHANI/B-5)

 

 

Berita Terbaru